DEFINISI PROSEDUR DAN AKUNTANSI EKONOMI



Secara umum prosedur adalah kelompok pekerjaan pencatatan yang erat sekali hubungannya, yang meliputi suatu sub fungsi dari pada suatu fungsi tertentu. Kemudian prosedur dapat juga diartikan sebagai suatu kegiatan klerikal yang biasanya melibatkan beberapa orang dalam suatu perlakuan yang seragam terhadap transaksi perusahaan yang terjadi secara berulang-ulang.
Beberapa ahli memiliki pandangan masing-masing terhadap definisi prosedur. Berikut pengertian prosedur menurut  W. Gerald Cole:” prosedur adalah urutan-urutan pekerjaan, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu bagian atau lebih, disusun untuk menjamin adanya perlakuan-perlakuan yang seragam terhadap transaksi-transaksi perusahaan  yang sering terjadi. (Baridwan, 1994:3)
Menurut (Syamsi, 1994:16) mendefinisikan prosedur sebagai suatu rangkaian metode yang telah menjadi pola tetap dalam melakukan suatu pekerjaan yang merupakan suatu kebulatan.
Sedangkan menurut (Ismail Masya, 1994:74) mendefinisikan prosedur adalah suatu rangkaian tugas-tugas yang saling berhubungan  yang merupakan urutan-urutan menurut waktu dan tata cara tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilaksanakan berulang-ulang.

PENGERTIAN AKUNTANSI

Definisi akuntansi menurut American Institute of Certified Public Accountans (AICPA) :
Akuntansi adalah seni pencatatan, pengelompokan, dan pengikhtisaran yang tepat dan dinyatakan dengan nilai uang, semua transaksi dan kejadian yang bersifat financial dan kemudian menafsirkan hasilnya.
Sedangkan menurut American Accounting Association (AAA), Akuntansi adalah proses pengindentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi akuntansi untuk dapat menghasilkan pertimbangan dan keputusan-keputusan dari pemakai informasi tersebut.
Dari pengertian ini, ada dua hal yang dapat disimpulkan, yaitu :
1.        Akuntansi merupakan suatu proses yang produk akhirnya berupa informasi, yaitu laporan keuangan.
2.      Laporan keuangan tersebut berguna bagi pengambilan keputusan.


Definisi Akuntansi menurut Rudianto adalah sebagai berikut ”Akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu bahan usaha.
Definisi akuntansi menurut Soemarso S.R adalah sebagai berikut  Akuntansi adalah Suatu Disiplin yang menyediakan informasi penting sehingga memungkinkan adanya pelaksanaan dan penilaian jalannya perusahaan secara efesien.


jadilah orang yang bermanfaat kwand




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar